Wednesday 18 May 2016

Tips Untuk Memilih Jam Tangan yang Sesuai Ukuran Tangan

Hallo calon pembeli, pada postingan kali ini saya akan membagikan sedikit informasi mengenai diameter jam tangan. Bukan hanya desain, bentuk, dan harga yang penting dalam membeli jam tangan, namun kecocokan dan kenyamanan juga perlu diperhitungkan. Kecocokan jam tangan sangat ditentukan dari ukuran diameter jam tangan dan ukuran tangan masing-masing.


Mengenal Diameter Jam Tangan

Langsung saja lihat Gambar 1, untuk lebih memahami mengenai ukuran diameter sebuah jam tangan.
Gambar 1 Informasi Jam Tangan
Nah pada Gambar 1 adalah jam tangan pribadi saya dengan merek fortuner, mohon dimaklumi Digitalnya sedang mati karena belum sempat ganti battery :D. Bisa dilihat informasi case diameter, case diameter dengan crown, lug width, lug to lug.

*Ukuran diameter jam tangan adalah lebar antara ujung case dengan ujung case lainnya (di luar crown)

Perhatikan Gambar 2 berikutnya :
Gambar 2 Diameter Jam Tangan

Pada Gambar 2 ukuran diameter jam tangan fortuner tersebut adalah 44mm/ 4,4cm. Diukur dengan menggunakan penggaris biasa, dimulai dari angka nol dari case di sisi yang kiri ke sisi yang kanan (di luar crown).

Saya rasa cukup untuk mengetahui cara mengukur diameter sebuah jam tangan, selanjutnya kita bahas mengenai diameter jam tangan yang sesuai dengan ukuran tangan masing-masing.




Informasi berikut saya ambil dari sebuah web. Sumber : http://www.jamgua.com/


1. CASE DIAMETER

Lebar pergelangan tangan manusia pada umumnya adalah dikisaran 2 inch. Jika lebar tangan anda lebih dari 2 inch, dipastikan jam tangan yang sesuai untuk anda adalah size 45 mm ke atas.

Letakkan sebuah mistar di atas pergelangan tangan anda, maka anda akan melihat berapa inch lebar pergelangan tangan anda. Perhatikan gambar di bawah ini :



Tangan saya memiliki lebar di bawah 2 inch, silahkan lakukan pengukuran lebar pergelangan tangan anda.

2 inch ini akan kami jadikan patokan lebar tangan untuk panduan anda.



Gambar di bawah ini kami buat dengan skala yang benar dan anda bisa jadikan panduan diameter berapa yang cocok untuk lebar pergelangan tangan anda :


  • Jika lebar pergelangan tangan anda di atas 2 inch, dipastikan anda lebih sesuai menggunakan diameter 45 mm ke atas. 
  • Jika lebar pergelangan tangan anda di bawah 2 inch, dipastikan anda lebih sesuai menggunakan diameter 40 mm ke bawah. 
  • Jika lebar pergelangan tangan anda dikisaran 2 inch, dipastikan anda masih fit menggunakan jam tangan dengan diameter 42 mm - 44 mm 


2. LUG TO LUG

Setelah anda mengetahui diameter yang cocok dengan lebar pergelangan tangan anda, maka hal berikutnya yang harus anda perhatikan adalah berapa panjang lug yang dimiliki oleh jam tangan pilihan anda.

Karena ada juga jam tangan dengan diameter kecil namun memiliki lug to lug yang cukup panjang, sehingga tetap tidak cocok digunakan oleh pergelangan tangan yang kecil

Silahkan tanyakan kepada penjualnya berapa panjang lug to lug nya agar anda bisa fitting dengan baik.


3. LUG WIDTH

Hal berikutnya adalah lebar lug. Banyak dari anda yang suka lug yang lebar ( terlihat kokoh ), atau bahkan tidak suka, dan lebih suka yang tidak terlalu lebar.

Umumnya pembuat jam tangan sudah menyesuaikan lug width nya sesuai dengan diameternya.
  • Diameter 47 mm biasanya lug nya 26 mm 
  • Diameter 44 mm biasanya lug nya 22 - 24 mm 
  • Diameter 42 mm biasanya lug nya 22 mm 
  • Diameter 41 mm biasanya lug nya 20 mm 
Tapi tidak semuanya seperti itu, beberapa memiliki diameter besar tapi lugnya tetap kecil, seperti contohnya Rolex Deepsea memiliki diameter 44 mm tapi lug widthnya 22 mm.


4. CROWN SIZE

Jam tangan saat ini memang memiliki crown yang berbeda-beda dan sudah menjadi bagian yang bisa ditonjolkan sebagai signature. Seperti contohnya :


  • Panerai dengan crown guardnya, mesikipun diameternya 42, namun ada tambahan lebar yang signifikan karena crown guardnya cukup lebar. 
  • Zenith Pilot atau IWC big pilot, dengan crown yang cukup besar 
  • Audemars Piguet yang dikenal dengan crown holder yang cukup lebar 


5. THICKNESS / KETEBALAN

Hal berikutnya yang harus anda perhatikan adalah ketebalan jam tangan itu sendiri. Ini tidak ada panduannya, karena masing-masing model jam tangan berbedea-beda, dan selera anda juga berbeda-beda.

No comments:

Post a Comment